BERI KESEMPATAN YANG SAMA UNTUK GURU PNS DAN HONOR, KARENA....

Selamat malam untuk semua ibu/bapak guru, pada kesempatan ini saya berbagi sedikit info kepada ibu/bapak yaitu:

Berbicara soal kualitas pendidikan tentu tidak lepas dari mutu guru. Dari sisi kesejateraan, tentu kita tidak meragukan lagi komitmen pemerintah kepada guru. Khususnya guru yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Selain gaji, guru PNS juga punya banyak pendapatan tambahan. Dari tunjangan sertifikasi, insentif daerah dan lainnya.


Nah, yang masih perlu dipikirkan saat ini adalah kesejahteraan guru honor. Tak dipungkiri guru honor jumlahnya masih sangat besar.

Di Samarinda saja, nyaris tak ada sekolah yang tak memiliki tenaga honor. Lantas, bagaimana nasib guru yang berstatus tenaga honor ini? Mumpung ini Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), mari kita jadikan momentum untuk menyejahterakan guru honor.

Bagaimana pun, guru honor ini manusia juga ingin masa depannya jelas. Mengangkat guru honor menjadi PNS juga bukan perkara gampang.

Tapi, komitmen untuk menyejahterakan guru honor ini harus dibangun. Saya tidak ingin mengomentari lebih jauh mengenai kualitas guru honor dan PNS. Yang jelas dari sisi penghasilan sudah beda.

Begitu pula kesempatan untuk mendapatkan pelatihan dan pengembangan diri, juga berbeda.
Untuk bisa ikut pelatihan dan pengembangan, syaratnya tentu harus guru PNS. Padahal, setiap guru perlu pelatihan untukupdate ilmu pengetahuannya.

Nah, pelatihan dan pengembangan kemampuan guru honor ini harus diperhatikan juga. Saya juga mengerti kenapa hanya guru PNS yang diutamakan dapat pelatihan.

Mungkin pemerintah khawatir, guru honor yang baru dilatih malah berhenti. Kan sia- sia pelatihannya.

Mungkin pemerintah harus menggodok kriteria guru honor yang bisa diangkat jadi PNS dan yang bisa ikut pelatihan. Bisa saja kriterianya dilihat dari lamanya masa pengabdian dan kinerjanya.

Secara umum, saya melihat tidak ada perbedaan antara guru PNS dan guru honor. Keduanya sama-sama memberikan kinerja terbaik untuk mendidik pelajarnya.

Tinggal pemerintah mencari format ideal agar pendidik yang memang betul-betul telah memberikan pengabdian maksimal, bisa mendapatkan kesempatan yang sama untuk sejahtera dan meningkatkan kemampuan.

Sumber: tribunnews.com

Mungkin hanya demikian yang bisa saya bagi kepada ibu/bapak semua, dan semoga bermanfaat aminn..
LIKE & SHARE

0 Response to "BERI KESEMPATAN YANG SAMA UNTUK GURU PNS DAN HONOR, KARENA...."

Posting Komentar