BACA DISINI: GURU HONORER BAKAL DIVERIFIKASI

Selamat pagi Bapak/Ibu rekan pendidikan seluruh Indonesia, pada kesempatan ini admin berbagi informasi gembira kepada rekan-rekan yaitu:

Nasib gaji 16 ribu guru honorer tingkat SMA/SMK sederajat masih belum jelas. Hal itu terkait kebijakan pengalihan kewenangan SMA/SMK dari kabupaten/kota ke provinsi.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sulsel, Jufri Rahman menjelaskan, masalah penggajian guru honorer SMA/SMK sederajat sejauh ini sedang diatur oleh Sekprov Sulsel, bagaimana teknisnya.




Meski begitu, pihaknya mengaku sulit untuk menerima langsung semua guru honorer yang jumlahnya cukup banyak. “Tidak bisa langsung diterima semua honorer yang ada. Tentu harus verifikasi terlebih dahulu, kita kan sudah ada pengalaman mengurus K1 dan K2 yang banyak siluman,” katanya, di Kantor Gubernur Sulsel, Kamis (15/12/16).

Khusus untuk guru PNS, Jufri menegaskan, tentu tidak akan bermasalah karena saat ini sudah proses pengalihan. Hanya khusus untuk yang honorer tentu harus dicarikan solusi.

“Jadi akan dibicarakan dan duduk bersama sambil verifikasi, mereka juga harus dilindungi, tidak boleh ada kegaduhan. Tetapi harusnya kabupaten/kota yang bertanggungjawab, karena mereka yang awalnya menerima,” ujarnya.

Sementara itu Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo mengatakan, tenaga honorer merupakan masalah kepegawaian yang juga masalah APBN dan itu merupakan kewenangan pemerintah pusat. Sehingga, tidak ada jawaban Gubernur selain menunggu kebijakan nasional. Apalagi memang sejak dulu, sebenarnya sudah diwanti-wanti bahwa tidak boleh lagi ada tenaga honorer.

“Yang ada outsourching sesuai dengan kebutuhan, dan itu tenaga kontrak lepas kan. Oleh karena itu, kalau masih ada yang tersisa, kita tinggal tunggu kebijakan nasional dan kita dorong untuk ada remunerasinya atau apalah namanya untuk pegawai,” pungkasnya.

Ia menambahkan, soal pelimpahan tenaga pegawai dari pemerintah kabupaten ke provinsi membutuhkan validasi yang kuat, termasuk apakah daftar yang diserahkan itu sesuai dengan data dari pemerintah pusat. Apalagi saat ini, ada pengalihan status pegawai dilingkup pemkab/pemkot menjadi pegawai Pemprov yang jumlahnya mencapai 16 ribu orang.

“Kan ini tiba-tiba saja diserahkan pada provinsi, yang terdaftar ada 16 ribu. Itu tidak sedikit lho. Gajinya itu besar banget, ternyata (gaji) yang turun dari sana (pusat) hanya 13 ribu lebih, ini perlu validasi, tidak boleh dibilang tiba-tiba itu fiktif,” katanya.

Terpisah, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel, Muhammad Tamzil mengaku belum bisa memberikan komentar terkait masalah guru honorer SMA/SMK sederajat se- Sulsel.

“Nasib honorer yang jumlahnya 16 ribu, sama dengan yang PNS, belum ada kejelasan. Kami belum bisa bicara banyak soal nasib honorer,” akunya.

Hal yang sama juga dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Irman Yasin Limpo. Apalagi menurut dia, peralihan guru tingkat SMA/SMK dari kabupaten/kota ke provinsi yang bersatus PNS ternyata belum juga kelar.

“Ada 16 ribu guru termasuk staf yang dialihkan, kita genjot dan usahakan semua kelar dan selesai pengalihannya Januari 2017,” katanya.
Sumber: fajar.co.id


Sekian yang admin bisa share dan semoga bermanfaat bagi kita semua amin.
LIKE & SHARE

0 Response to "BACA DISINI: GURU HONORER BAKAL DIVERIFIKASI"

Posting Komentar